Selasa, 02 Maret 2010

Akibat dan Mengapa Ikan Paus Terdampar

Yang Terjadi :
Sejak dulu, terdamparnya hewan laut ke pantai sudah sering terjadi beberapa peristiwanya :
• Lebih dari 150 paus terdampar di dua pantai New Zealand pada akhir Desember 2009 lalu. Tim penyelamat, turis serta warga sekitar, saling bekerjasama untuk menyelamatkan paus – paus tersebut dengan berusaha mengembalikan kumpulan paus ke laut. Sebelumnya, tubuh paus diberikan selimut basah, agar tempraturnya tetap terjaga. Namun menolong paus bukan hal yang mudah, karena mereka sudah sangat kekurangan air, kepanasan, serta luka. Akhirnya 43 paus berhasil diselamatkan, tetapi sebagian besar tidak bisa bertahan, bahkan ada yang terpaksa untuk disuntik mati (euthanisia) setelah menderita kesakitan selama berhari – hari.
• Pada 2 maret 2009, di Negara bagian Tasmania, Australia, 200 paus dan lumba – lumba terdampar. Ternyata, setiap tahunnya, sekitar 300 paus dan lumba – lumba ditemukan terdampar di benua Austalia. Hal ini menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat, termasuk berbagai organisasi seperti WWF, DPIW (Department of Primary Industries and Water), Parks and Wildlife Service.
• Sepanjang 2009 lalu, dibeberapa pantai Indonesia, di antaranya di pantai Cipatujah Tasikmalaya serta pantai di Lumajang, Jawa Timur ditemukan paus yang terdampar sendirian. Yang menyedihkan, karena warga kurang mengerti maka paus yang terdampar justru dijadikan obyek wisata.

Akibat :
Sejak dahulu, para ahli sudah menyelidiki penyebab utama kenapa paus dan lumba – lumba ini terdampar di pantai. Ternyata penyebabnya tidak hanya satu , tetapi ada banyak seperti berikut :
• Hewan tersebut sakit atau sekarat sehingga terbawa arus ke pantai. Selain karena adanya sampah atau limbah di laut yang meracuni hewan tersebut.
• Perubahan udara di laut juga bisa membuat hewan laut seperti paus, lumba – lumba, ikan dan sebagainya mencari tempat yang lebih cocok. Mungkin ini salah satu hewan laut terdampar di sekitar pantai Australia pada setiap musim panas.
• Suara dan sinyal yang ditimbulkan kapal (sonar) dan mesin laut juga bisa mengganggu kemampuan navigasi paus, dan mengakibatkan mereka bisa salah jalan menjadi ke daratan.
• Bentuk dan kedalaman sekitar pantai juga bisa jadi penyebab terdamparnya makhluk laut. Sehingga, kejadian seperti ini sering terulang di pantai yang sama.
• Gelajal alam seperti gunung meletus atau gempa yang menyebabkan undersea quake atau seaquake dianalisa juga dapat membuat hewan laut terdampar. Sperti halnya hewan di darat, hewan laut diperkirakan juga memiliki insting besar terhadap bencana seaquake sehingga mereka akan berusaha menyelamatkan diri. Atau, bisa juga mereka terbawa arus akibat dari goncangan bumi di dalam laut tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar